Rahasia Dagang Penuh Barakah

Allah Swt berfirman, “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya”. (Q.S. Al A’raaf 7 :  96). Yakni seandainya hati mereka beriman, membenarkan dan mengikuti apa yang dibawa oleh Rasulullah Saw serta bertakwa dengan melaksanakan ketaatan dan meninggalkan yang haram pastilah Allah akan melimpahkan berkah kepada mereka.

Ada 2 kerberkahan yaitu keberkahan langit (pengabulan doa) dan keberkahan bumi  (terpenuhinya kebutuhan hidup). Kalau di pasarnya rusak maka tidak akan ada keberkahan. Rasulullah SAW bersabda, jika engkau ingin tahu kepemimpinan seperti apa yang ada di sebuah daerah, lihatlah amalan di Masjid-Masjidnya dan amalan di Pasar-Pasarnya.

Umar bin Khattab pernah menggariskan bahwa jika suatu daerah uangnya (dinar & dirham) sudah tak sesuai lagi kadar dan timbangannya, maka ketahuilah masyarakat di tempat itu sedang mengalami kesempitan besar dan berada di bawah kepemimpinan yang bobrok, tak lama lagi akan runtuh.

Realita Pedagang di Pasar yang Ada Sekarang

1.    Produk :  melanggar syar’i, dicampur antara yang baik dan buruk.

2.    Penawaran :  dusta, sumpah palsu, menutupi cacat barang, menawarkan dengan harga tinggi.

3.    Transaksi :  pengurangan timbangan/ takaran,  tawar menawar yang alot,  pencampuran akad,  khiyar (pembatalan) yang melanggar syar’i.

Pengertian Berkah

Menurut bahasa, makna barakah adalah az-ziyadah (pertambahan) dan an-nama’ (pertumbuhan). Sedangkan menurut syara’, maknanya adalah banyak kebaikan (mendapatkan banyak pahala dan keluasan rizki), banyak memberikan manfaat.  Ada ulama yang mengatakan bahwa  keberkahan langit adalah pengabulan doa, sedangkan keberkahan bumi adalah terpenuhinya kebutuhan.

Keberkahan itu Milik Siapa?

Orang yang mendapatkan berkah akan bahagia di dunia dan akhirat. Keberkahan ini tidak akan dilimpahkan kecuali kepada orang yang beriman. Berbeda dengan hujan, tumbuhan, kesehatan, harta yang juga dilimpahkan kepada orang kafir adalah sebagai bentuk istidraj (penarikan berangsur-angsur ke arah kebinasaan) dan makar terhadap mereka.

Hal-hal yang Mendatangkan Barakah

1. Bersegera dalam mencari ilmu dan rizki

Rasulullah Saw menyuruh umatnya agar bersegera dalam mencari ilmu dan rizki. Rasulullah Saw bersabda, “Umatku diberkahi di awal pagi mereka”.(HR Ath-Thabrani). Beliau menganjurkan umatnya agar bangun di waktu fajar dan segera bekerja.

Rasulullah Saw bersabda, “Berpagi-pagilah dalam mencari rizki! Sesungguhnya waktu pagi adalah berkah dan kesuksesan”.(HR Al-Bazzar & Ath-Thabrani). Rasulullah Saw mendoakan umatnya yang bangun pagi & bersegera dalam mencari ilmu & rizki.

Rasulullah Saw bersabda, “Allahumma baarik li ummatii fii bukuuriHa (Ya Allah berkahilah umatku di awal pagi mereka)”. Perawi berkata, “Bila memberangkatkan ekspedisi atau pasukan, beliau memberangkatkan di awal pagi. Shakr adalah seorang pedagang. Bila ia memberangkatkan ekspedisi dagangnya, juga di pagi hari. Maka ia menjadi kaya dan melimpah hartanya”. (HR Ahmad, Ibnu Majah, Abu Dawud & Tirmidzi)

Sumber: dinarfirst.org

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s