Pilih Produk Herbal yang Berkhasiat!! Jangan Tertipu Kemasan dan Harga!!

Maraknya varian produk herbal yang ada di pasaran dengan berbagai harga dan berbagai kemasan menuntut konsumen pandai memilih produk. Pada umumnya konsumen mempunyai kecenderungan menilai dan memilih produk dari harga yang murah dan kemasan menarik yang tampil begitu saja di depan mata.

Hati-hatilah dengan kecenderungan ini, sebagai konsumen yang menggunakan produk herbal karena ingin mendapatkan khasiat produk, Anda sebaiknya lebih teliti dan meluruskan niat Anda untuk tidak mudah terkecoh. Pahami lebih dalam dan buka mata Anda untuk mendapatkan informasi yang memadai mengenai suatu produk.

Terdapat beberapa penentu yang berpengaruh terhadap khasiat produk yaitu antara lain :

  • Kualitas Bahan Baku
  • Pemrosesan dalam Pabrik
  • Pengobat/Therapis

KUALITAS BAHAN BAKU sendiri ditentukan oleh beberapa hal : Tanaman Obat, Proses Panen, dan Paska Panen. Kualitas Bahan Baku ditentukan oleh tanaman obat itu sendiri. Sebagai contoh adalah Herbal Konsentea yang 90% bahan bakunya adalah Centella asiatica Folium. Dalam pemenuhan khasiat herbal yang diinginkan, dari 60 varietas Cantella asiatica yang ada maka dipilihkan 4 varietas saja yang memenuhi standar sebagai tanaman obat. Empat varietas ini merupakan varietas unggulan karena mengandung bahan aktif asiaticoside paling banyak dari varietas yang lain. Dan informasi empat varietas unggulan ini menjadi rahasia keluarga produsen jamu. Anda bisa melihat sama bahan baku suatu produk, tapi rahasia khasiat hanya ada pada produk yang terpercaya. Pastikan Anda mendapatkan produk itu melalui jalur pemasaran khusus yang jelas dan terjaga keaslian produk.

Selanjutnya yang menentukan kualitas bahan baku adalah Proses Panen. Dalam pemanenan bahan baku banyak hal yang mempengaruhi kualitas bahan baku, misalnya usia tanaman yang tepat untuk pemanenan, waktu panen, bagian terbaikkah yang dipanen, kualitas bagian yang dipanen sesuai standar kah? Tentu saja hal ini tidak mudah diketahui oleh konsumen, hanya produsen jamu yang komitmen memberikan yang terbaik untuk konsumennya lah yang mau memilihkan yang terbaik.

Hal ketiga yang menentukan kualitas bahan baku adalah Penanganan Paska Panen. Setelah bahan baku dipanen juga harus ditangani dengan tepat sampai bahan baku itu siap diolah dan diproses di pabrik. Penjemuran/pengeringan setelah panen terhadap bahan baku penting sampai didapatkan tingkat kering yang diinginkan, jika kandungan air dalam bahan baku berlebih dari standar maka akan berpengaruh selama penyimpanan yang bisa mengakibatkan bahan baku berjamur atau menurun drastis kandungan bahan aktif tanaman obat. Hanya pabrik yang sesuai standar saja yang memenuhi kriteria yang diinginkan agar tetap memproduksi herbal berkualitas.

PEMROSESAN DALAM PABRIK adalah hal kedua yang menentukan khasiat produk. Herbal yang baik adalah herbal yang dihasilkan sesuai standar Cara Pembuatan Obat Tradisional yang baik (CPOTB). Semua herbal AHAD-NET sudah memenuhi CPOTB.

PENGOBAT/THERAPIS mempengaruhi khasiat obat pada saat penggunaan obat tersebut. Kemampuan dan ketepatan memberikan solusi herbal kepada pasien sesuai dengan yang dideritanya sangat menentukan khasiat yang dapat dirasakan oleh si pasien. Dan perbanyaklah pengetahuan Anda mengenai herbal agar Anda dapat dengan tepat memberikan solusi kepada si pasien.

Demikianlah beberapa hal yang penting Anda ketahui untuk memilih produk yang berkhasiat baik. Pilih lah produk yang jelas keasliannya dari jalur distribusi yang terjamin. MARI CINTAI PRODUK HERBAL!!!!

From Herbal on Focus

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s