Perawatan Wajah Untuk Kulit Gelap

KOMPAS.com – Setiap perempuan memiliki warna kulit dan kondisi kulit yang berbeda. Karena itu, perawatan yang dilakukan juga jadi berbeda. Kulit perempuan di Indonesia bagian timur tentu akan berbeda dengan perempuan yang tinggal di bagian barat Indonesia.

Perempuan yang tinggal di Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, hingga Papua, cenderung memiliki kulit berwarna sawo matang dan cenderung hitam. Hal ini disebabkan oleh faktor alam (cuaca), jenis kulit, pola makan, dan faktor genetik.

“Mereka yang tinggal di Indonesia bagian timur rata-rata memiliki pigmen kulit yang pekat dan cenderung berminyak karena kegiatan kelenjar minyak yang aktif,” ujar Dr Iswari Tranggono, ahli kosmetologi dan dermatolog dari Ristra saat memaparkan tentang “Cosmeceutical for Ethnic Skin in The Tropic” untuk mahasiswa kedokteran University of Science and Technology Sudan yang berkunjung ke Grand House Ristra, Radio Dalam, Rabu (17/2/2010).

Perempuan dengan kondisi kulit gelap sebenarnya tidak terlalu rentan terhadap serangan sinar matahari. Misalnya, terserang flek atau menjadi kemerahan. Namun, kalau tidak dilakukan perawatan, tetap saja kulit jadi lebih berminyak dan terlihat kusam.

Untuk itu, perlu dilakukan perawatan khusus untuk mereka yang memiliki jenis kulit yang cenderung gelap.

1. Cuci muka minimal dua kali sehari. Gunakan sabun pembersih muka dengan pH balance (pH 7, RED).

2. Kalau kulit terasa sangat berminyak, gunakan sabun pencuci muka untuk wajah berminyak dan sapukan toner setelahnya.

3. Gunakan sunblock SPF 15 saat beraktivitas di luar ruangan. Meskipun kulit Anda berwarna hitam, bukan tidak mungkin kulit Anda bisa terbakar, sebab matahari di Indonesia bagian timur cenderung lebih terik dibandingkan Indonesia bagian barat.

4. Gunakan scrub wajah seminggu sekali untuk mengangkat timbunan lemak pada kulit yang menyebabkan kulit jadi kusam.

5. Jangan menggunakan krim dengan efek pemutih (bleaching), tapi yang mengandung formula untuk mencerahkan kulit (lightening).

6. Kulit berwarna hitam memiliki kekenyalan yang tinggi karena kelenjar minyak yang aktif, namun seringkali terserang jerawat. Salah satu penyebabnya karena menggunakan kosmetik yang menyebabkan wajah jadi tambah berminyak. Untuk kulit jenis hitam, gunakan krim wajah water based yang tidak berminyak, dan cepat meresap di kulit.

7. Gunakan masker wajah green tea seminggu sekali untuk memberikan efek pendinginan pada wajah, dan mencegah penuaan dini.

8. Minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menghindari kehilangan cairan dalam tubuh yang membuat kulit mudah mengalami penuaan dini.

Alhamdulillah semua produk tersebut di atas, tersedia di Toko Dinar Dirham🙂

Pos ini dipublikasikan di Kecantikan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s