6 tahap kehancuran EKONOMI… segera datang ??

Oleh Rony Mukhlison

20 hari pertama… Investor/Pebisnis akan sadar kalau The Fed berusaha mendevaluasi nilai dollar.

20 hari ke-dua… Investor/Pebisnis berusaha memburu alternatif selain dollar (bisa komoditi, real estate, saham, obligasi).

20 hari ke-tiga… Investor/Pebisnis sadar kalau komoditi, real estate, saham dan obligasi walaupun menguat tetaplah berstandar dollar, alias tetap mengalami pelemahan. Sehingga mereka pun menjual real estate, saham, dan obligasi. Namun tak seorang pun mau membeli. Market pun panik tak tahu harus berbuat apa.

20 hari ke-empat… Investor/Pebisnis yang masih memiliki cash atau sesuatu mulai memburu emas dan perak. Karena emas dan perak terbukti bukan hanya menanggulangi pelemahan nilai akibat devaluasi dollar, namun juga memiliki nilai dan fungsi yang melekat pada dirinya yang menjadikannya istimewa.

20 hari ke-lima… Publik diramaikan dengan pemberitaan media harga emas dan perak yang naik gila-gilaan. Setiap hari mereka akan disuguhkan realita ini. Sebuah realita yang belum mampu dipahami logikanya.

20 hari ke-enam… Publik semakin bingung karena harga kebutuhan pokok naik tiap hari. Mereka seakan tidak percaya, bagaimana harga-harga naik secara tidak rasional

20 hari ke-tujuh… Publik baru sadar, hanya emas dan perak yang masih diterima oleh pedagang dan tetap stabil daya belinya. Publik mulai memburu emas dan perak yang masih tersisa, menukarkan tabungan terakhir yang mereka miliki. Namun tak seorangpun menerima uang kertas.

Publik pun putus asa. Tak seorang pun mau menerima sekarung dollar/rupiah, walaupun hanya demi segenggam beras. Tak seorang pun mau menukar sekarung dollar/rupiah, walaupun hanya demi secincin emas

Happy ending ??

Kita berharap realita ini tidak terjadi beberapa tahun kedepan. Namun apalah daya, tanda-tandanya mulai nampak (terutama tahap 1-2 diatas)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s